Pantai yang wajib kamu kunjungi bila pertama kali ke Bali

Bila kita bicara tentang Bali, tentunya nama pantai Kuta wajib kita sertakan. Sedemikian melegenda baik masyarakat Indonesia maupun di manca negara menjadikan pantai Kuta tujuan wisata. Rasanya belum ke Bali kalau belum mengijakan kaki di pantai Kuta. Bahkan beberapa penyanyi mengabadikan melalui lagu-lagunya. 
Salah satunya Andre Hehanusa dengan Kuta bali-nya.
  ....Semua berlalu di balik khayalku
      Kenangan yang indah berdua denganmu
      Di Kuta Bali kau peluk erat tubuhku
      Di Kuta Bali cinta kita....


Pantai Kuta Bali



Pantai Kuta terletak di selatan pulau Bali berdekatan dengan bandara Ngurah Rai bila di tempuh dengan kendaraan sekitar 14menit. Akses yang mudah dan cepat membuat pantai Kuta dan sekitarnya menjadi strategis sehingga selalu ramai dengan turis. Pemandangan seperti itu seakan kita berada di luar negeri. Maka jangan heran bila ada turis juga ikut nongkrong sambil menikmati makanannya berupa nasi jinggo. Makanan khas Bali berupa nasi sebesar genggaman orang dewasa dibungkus daun pisang dengan lauk daging ayam suwir, mie goreng dan tempe goreng.


Sejarah pantai Kuta dimulai abad 14, ketika Patih Gajahmada dari kerajaan Majapahit memperluas wilayah ke Indonesia timur berlabuh di selatan pantai Kuta. Tempat tersebut kini bernama Tuban merupakan pelabuhan kecil tempat orang pedalaman Bali menjual hasil bumi. 
Dan perkembangan hingga abad 19, Mads Lange pedagang dari Denmark mendirikan markas dagangnya. Kepiwaiannya berdagang dan bernegosiasi menjadikan Mads Lange terkenal di antara raja-raja Bali dan Belanda. Pantai Kuta semakin tersohor di dunia setelah Hugh Mahbett menulis di bukunya berjudul “Praise to Kuta”. Didalam bukunya mengajak penduduk setempat untuk membuat fasilitas bagi wisatawan. Dari buku itu menginspirasi banyak orang untuk membangun fasilitas wisata seperti penginapan, restoran dan tempat hiburan.





Pantai yang dulu sepi kini selalu ramai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun pada tahun 2002 dan 2005 pantai Kuta jadi sepi dampak dari serangan bom yang di kenal dengan peristiwa Bom Bali. Banyak negara melarang warganya untuk berkunjung di Bali.


Namun seiring waktu trauma akan peristiwa Bom Bali terkikis oleh keindaham alam pulau Bali. Bahkan pantai Kuta merupakan salah satu destinasi terfavorit  dan merupakan landmark pulau Bali bagi wisatawan. Hanya pada saat Perayaan Nyepi kawasan ini dan seluruh pulau Bali terdiam.
Sepi dan hening.


Selain hamparan pasir putihnya pantai Kuta memiliki panjang pantai hampir 2km sangat cocok untuk aktifitas jalan dan jogging di pagi hari. Ombak pantai Kuta juga bagus untuk bermain selancar. Bagi pemula yang ingin berselancar tersedia persewaan papan selancar plus pelatih.Keindahan Sunsetnya juga merupakan daya tarik yang banyak ditunggu-tunggu wisatawan saat berada pantai Kuta.







Wisata murah ke Bali untuk pertama kali pantai Kuta adalah pilihan yang tepat. Akses menuju kepantai mudah ditempuh juga tidak di pungut biaya kecuali untuk parkir kendaraan. Begitu juga dengan penjual makanan untuk kantong pas-pasan bisa ditemui sepanjang pantai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalan-jalan ke Pasar Sentral Nusa Dua.

Lapangan Puputan wisata murah di taman kota Denpasar

Jeprat-jepret momen di Pantai Muaya Jimbaran.